Rabu, 15 April 2015

TUGAS I : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN



TUGAS I : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
1.  Jelaskan mengapa ideologi pancasila bukan merupakan ideologi campuran dan ideology sosialisme maupun juga ideology liberal!
Ideologi Pancasila bukan merupakan ideology campuran dan ideology sosialisme maupun juga ideology liberalisme karena Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka. Pancasila merupakan ideologi nasional negara Indonesia. Pancasila sebagai dasar Negara Indonesia. Makna ideologi di Indonesia tercermin pada falsafah hidup dan kepribadian bangsa Indonesia, yaitu Pancasila. Karena, Pancasila mengandung nilai-nilai dan norma-norma yang oleh bangsa Indonesia di yakini paling benar. Pancasila sebagai ideologi negara tercantum dalam pembukaan UUD 1945, walaupun UUD 1945 telah mengalami beberapa kali perubahan (amandemen), Pancasila tetap menduduki posisi sebagai ideologi nasional dalam UUD 1945.

SUMBER:

2. Terkadang identitas nasional bersebrangan dengan identitas pribadi, bagaimana sebaiknya menurut saudara mengharmoniskan kedua hal tersebut sehingga berjalan dengan lancar?
Menurut saya, untuk mengharmoniskan kedua hal tersebut harus mempunyai kesadaran dari manusia satu sama lain karena indentitas pribadi lebih menonjol dibandingkan dengan identitas nasional. Untuk menciptakan keharmoniskan kedua hal tersebut harus dikurangi rasa egoisme didalam indentitas pribadi engan cara itu antara indentitas pribadi dan indentitas nasional tidak saling bersebrangan satu sama lain.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar